Tuesday 17 March 2009

Balada Ijah dan Nyonyah: Nyonyah Dapat Kado Dari Ijah


Disaat nyonyah sibuk dengan urusannya jadi TKI, Nyonyah ternyata harus ke timur mencari kitab suci.. Perjalanan ke timur menempuh ribuan kilometer, melewati hutan ilalang, perbukitan, laut lembah dan teman-temannya, semua harus dilalui oleh nyonyah demi kitab suci.. Kepergian Nyonyah selama seminggu itu membuat Ijah senang bukan kepalang, mengingat sekarang dia bisa menguasai rumah dan segala isinya..

Malem sebelum nyonyah berangkat ke timur, suasana rumah sedang sibuk peking menyiapkan tetekbengek keperluan untuk menempuh perjalanan jauh itu, termasuk sajen, kembang 7 rupa, air 7 sumur, tapi nyonyah tidak membawa serta kambingnya, dia mempercayakan sepenuhnya pada Ijah si gembala kambing..

*klik tautan di bawah ini untuk membaca selengkapnya





"nyonyaaaaaahhh!!!!!"
"apa jaaahhh!!!!"
"sini nyaaahh!!penting, ada sesuatu buat Nyah"
Nyonyah kaget bukan main, baru kali ini si ijah berani-beraninya manggil Nyonyah, biasanya dia yang jadi objek penderita panggilan, kenapa hari ini berubah?Nyonyah juga latah maen jawab aja..
"lu yang kesini napa?Nyah lagi sibuk ni, nyiapin sajen buat besok, lu juga kagak mau bantuin, dasar, kambing mulu yang diurusin..", si Nyonyah ngomel-ngomel aja, padahal Ijahnya udah ngeloyor pergi entah kemana..

"Jah!!lu masih disitu kagak?"
Tidak ada jawaban, nyonyah jadi curiga, kemana perginya ni anak.. Akhirnya Nyonyahpun beranjak dari kuburnya (logh?!), beranjak dari acara peking-pekingnya.. SEPI, rumah sepi, tidak ada siapapun, dicari di dapur, Ijah ndak ada, dicari di kolong, kandang kambing, laci meja, lemari baju, kulkas, tetep aja nggak ada.. Nyonyah pasrah, lalu duduk di sofa depan tipi, tempat biasanya dia nongkrong kalo lagi liat sinetron Muslimah..

Sesaat dia kaget, ada sebuah kotak tipis, agak sedikit berat, dibungkus ala kadarnya dengan koran bekas, dan direkatkan dengan lakban coklat, keliatan banget kalo yang bungkus adalah LAKI-LAKI.. Di antara kumelnya koran bekas itu ada tulisannya "BUAT NYAH"

Nyonyah kaget, lirak-lirik berasa ada yang ngintip, sambil batin, dari siapakah ini??? Diambilnya bungkusan nggak jelas itu, takut kalo isinya bom atau cermin yang akan berkata siapakah wanita paling cantik di dunia ini???[bukan nyonyah tentunya]..

Dibukanya bungkusan tipis itu, merusak tatanan bungkus kado serupa koran kucel itu, peduli amat, toh ini punyaku juga, batin nyonyah gitu..
Dan ternyata setelah dibuka, bungkusan itu berupa sebuah pigura berisi foto-foto nyonyah, dipasang secara tidak teratur, tapi tetep terlihat eye-catching, disitu ada kertas kecil, ada tulisan ceker ayam khas tulisan Ijah, "MET ULANG TAHUN NYAH!!"

Nyonyah kaget, Ijah ternyata inget ulang tahunnya, disela-sela omelan-omelannya tetep menyempatkan diri buat bikin kado ini.. Tapi nyonyah bingung, sekarang Ijahnya kemana? Nyah mesti berangkat pagi-pagi sekali, apa masih bisa ketemu Ijah..sudahlah, pasti besok bisa ketemu lagi..

[Ijahnya pergi ngeronda, ketiduran di pos kampling sampe siang, pulang-pulang dia menemukan rumahnya sepi, dan sebuah memo di depan kamarnya]
"makasih jah kadonya, elu emang ngertiin Nyah, jaga rumah baik-baik ya Jah, jangan lupa kambingnya diurusin, kalo pergi, rumah dikunci, Nyah dah nyimpen sediaan makanan buat seminggu di kulkas, kalo kurang, lu main icik-icik di perempatan, sapa tahu ada yang kasian ma elu, tapi jangan mau kalo diajak pergi, Nyah masih butuh kamu buat bersihin kandang.."

[Nyah pergi tanpa adegan AADC]

Related Post:
Nyonyah Nyangkok Adenium dan Pohon Pete
Nyonyah Gundah Gulana
Nyonyah Jatuh Cinta

No comments:

Post a Comment