Thursday 19 February 2009

Balada Ijah dan Nyonyah : Nyonyah Gundah Gulana


"Ijaaaaaahhhh!!!!"
"iya nyaaahhhh"

Si Ijah latah, tiap kali dipanggil namanya, selalu latah iya nyah, walopun itu yang manggil bukan nyonyah.. Kali ini Ijah sedang nguras kamar mandi punya Nyah, baru setengah bak mandi dikuras, panggilan alam (baca:Nyonyah memanggil) sudah tereak-tereak..

"Iya Nyah, ada apa? Ada yang bisa dibanting lagi? Nyonyah nggak tahu apa, waktu sudah menunjukkan pukul besi, ini saatnya nyonyah nonton sinetron Indosiar", Ijah cerdik juga mencari alesan biar Nyonyah bisa duduk manis tanpa ngomel-ngomel..
"Males jah, abisnya sinetronnya pake bahasa arab, Nyonyah mana ngerti, dulu belajarnya cuma sampe jilid 6, dulu sih diajarin engkong, tapi dasar bandel, Nyah tetep nggak ngerti", rada melas suaranya, nggak kayak biasanya ni nyonyah..
"trus, sekarang gimana?", kecewa karena akal kura-kuranya gagal..
"ya tetep nggak bisa bahasa arab jaaahh, gimana sih?"
"bukan itu maksutnya Nyah, sekarang ngapain Ijah dipanggil? Ijah lagi nguras kamar mandi taukk"

*klik tautan di bawah ini untuk membaca selengkapnya





"owh, ngomong donk.. Sini duduk deket Nyah, nyah mau cerita tentang temen lama nyah yang kemaren itu", kali ini Ijah disuruh deket Nyonyah, duduk di beranda belakang rumah sambil melihat gelapnya malam yang nggak ada bintang.. Kali ini sepertinya suasana hati nyonyah sedang gundah gulana, suara sudah turun 5 oktaf sekaligus, dan dia tidak sedang kipas-kipas (hubungannya apa coba?)..
Si Ijah pun duduk di samping Nyonyah, dia menatap heran nyonyahnya, kali ini tidak ada kesetimpangan kasta sudra dan rahwana (loh?!)

"gini jah, kemaren temen lama nyah tu ngajak pergi, Nyah mikir kayak yang di pilem-pilem itu, apa tuh namanya? Ngedet?? Ya itulah terserah.. Ternyata jah, temen lama Nyah itu ngajakin ke pasar, nggak tanggung-tanggung jah, pasar hewan!! Nyonyah kan takut, takut nggak bisa dibedakan gitu.. Tapi ternyata, dia mo beli kambing.. Dia cerita, katanya dia tu sekarang duda, duda tak beranak.."
"yaiyalah Nyah, mana ada duda beranak? Dukun beranaknya bingung Nyah kalo ada duda beranak?"
"Ah elu bisa aja, Nyah mo cerita dulu, jangan disetop, Ntar Nyah lupa sekripnya.."
"baik nyah", padahal Ijah cukup duduk diem aja nyonyah udah seneng..

"Harta gono-gini sama yang dulu tuh kambing jantan, dan sekarang dia mo beli kambing betina buat dikawinin, dia pinter juga ya, ngajak Nyah, mungkin dia mikirnya Nyah ini pakarnya kambing, padahal kan iya.. Tu kambing di kandang subur makmur bergumul beranak pinak, tumbuh berkembang sehat wal afiat.."
"iya nyah, tu kambing seneng, siapa dulu yang bersihin kandangnya!!trus kenapa kok kayaknya nyonyah sedih gitu? Katanya jatuh cinta? Kok malah muram gini?"
"JAAAHH, udah dibilang jangan disetop, ntar lupa sekripnya"
"siap Nyah!!!"

"tuh kan lupa skripnya, elu sihh.. Nyonyah bingung jah, kenapa nggak kambingnya dikawinin ma kambing kita aja?"
*bukan itu skripnyaaaaaaaaaaa!!!!*
"Nyonyah galau, bimbang dan ragu, temen lama nyah tu maksutnya apa ngajakin ngedet gitu? nYah bingung jah, nggak bisa mikir padahal pan harus mikir arisan, mikir gimana caranya ngatur uang pensiunan babeh biar nggak abis, termasuk mikirin elu jah, gila lu!elu makan kayak kebo abis mbajak sawah 5 hari, tapi badan lu tetep aja kurus, masih mikir yang lain juga, nyonyah nggak bisa mikir"
"emang nyonyah dari dulu nggak bisa mikir kaaan??? Ya udah Nyah, sekarang gini ajah, Nyah temenan dulu aja, nggak usah mikir apa-apa, bahasa gaulnya isi going, ntar kalo emang jodoh buat Nyah, pasti jadi! Apa sih yang enggak buat Nyonyah??", maksut Ijah ngomong gini tidak lain tidak bukan supaya Nyonyah menghentikan aksi curhat-gak-penting-tentang-kambing-ini.. (nyonyah tidak sama dengan kambing)

"gitu ya jah?baiklah jah, masih banyak yang harus Nyah pikirkan, nggak melulu soal nyari babeh baru.. Betewey, malem ni nggak ujan, tapi kok nggak ada bintang ya?", si Nyonyah sambil ngliatin malam yang pekat bener-bener nggak ada bintang..
"pan bintangnya ada di deket Ijah nyah!!"
"!@#$%^&*()….."

To be continued
(sabar ye, kayaknya mesti bersambung lagi)

Related Post:
Nyonyah Jatuh Cinta

No comments:

Post a Comment