Tuesday 24 February 2009

Balada Ijah dan Nyonyah: Nyonyah nyangkok adenium dan pohon pete..


Sore yang cerah ceria, lebih enak berkebun sekalian menggembalakan kambing.. Si nyonyah tumben-tumbennya mau membantu ijah berkebun, beliaunya mengurusi hasil cangkokan adenium dengan gnentum gnemon (kayak bisa aja), sedangkan ijah merumput (baca:memotong rumput) membelakangi Nyonyah.. Halaman belakang Nyah emang rada luas, cocok untuk menggembalakan kambing-kambingnya..

"Tadi siang panas ye Jah, sekarang udah kagak, lumayan ni bisa berkebun", Nyonyah besar memulai percakapan sambil berusaha menyambung adeniumnya..
"Iye Nyah, untungnya jemuran bisa kering, emang tadi panasnya menggila, tapi biar kate panasnya kek gitu, di neraka masih badai salju Nyah", si Ijah pun juga menanggapi percakapan dengan membelakangi Nyonyah, sambil terus merumput..
"Ah elu bisa aja, kayak pernah mampir ke neraka aja, haduuh ni adenium kok nggak bisa dicangkok ma pohon mlinjo sih??klo ma pohon pete bisa gak ya?"..
"kriuk..kriuk..kriuk..", yang terdengar hanya suara pisau rumputnya si Ijah..

*klik tautan di bawah ini untuk membaca selengkapnya





"betewey, eniwey, buswey, muka yey kayak pete.. Kemaren Nyah arisan, trus kok para tetangge tuh pada bisik-bisik nggak jelas ye? Trus pas Nyah nanya mereka cuma mesam-mesem aja, padahal gigi Nyah nggak ada cabe atau bayemnya, resleting juga udah ketutup, kamu ada tau apa gitu kagak jah?", masih sibuk motong-motong pohon mlinjo..
"lah, meneketehe Nyah, tapi emang sih, denger-denger nih ye, kita digosipin Nyah, sejak babeh kagak ada, pan kita hidup bedua, pasti tetangga-tetangga mikir yang iya-iya"…
"ya inilah resiko jadi janda kembang jah, mo deket ma laki, digosipin, pergi ma ibu-ibu dikira lesbi, miara kambing dikira nyimpang, apalagi idup ma elu ya?? Trus pembokat kompleks pada bilang apa Jah?", tanpa sekalipun menengok ke arah ijah, masih fokus dengan mlinjonya..

"Ijah cuma dikasih tahu sama Parno, supir sebelah yang jadi pemancar gosip itu Nyah, katanya, Nyonyah lu suka ama elu ya? Kok kayaknya kamu dipiara baik banget, nggak kayak gue, tiap hari kerja rodi mulu, elu cuman miara kambing doang, makan banyak, hidup tentram.. Dia ngomong gitu Nyah.."
"trus enaknya gimana jah???", masih dengan membelakangi si Ijah, seakan-akan nggak mau ngliatin Ijahnya..
"enaknya sekarang ngeteh anget sambil nyemil pisang goreng..Nyonyah nggak usah kuatir, epriting is olret.. Yang gitu-gituan mah nggak usah ditanggepin.. Ijah mo cerita Nyah, kemaren pas Nyah suruh Ijah ke pasar, Ijah kenalan sama yang jualan cabe, anaknya cantik Nyah, putih, pipinya itu lho Nyah, cabi banget kayak nyimpen tomat, dan senyumnya itu oo maaakk, muanis banget Nyah, gantian Ijah yang jatuh cinta ni kayaknya.. Si gadis penjual cabe.. Tsaaaahh keren amat yak?? Jadi masalah gosip itu, ntar juga ilang dengan sendirinya, santai aja Nyah..", Ijah nerocos gitu aja dan masih tetep merumput..

Tiba-tiba terjadi keheningan..
"Jah", kali ini suara Nyonyah jadi merendah, entah karena mendengar Ijah jatuh cinta atau pasrah dengan cangkokan adenium dan pohon pete itu..
Dan Ijah pun langsung menoleh, walau tahu Nyonyahnya tetep membelakanginya, ada apa gerangan, apakah dia salah omong? Suasana pun terhenti beberapa saat, waktu seakan-akan terhenti, semua terputar, dan Nyonyah dan Ijah yang jadi porosnya..
"apa Nyah?", berusaha memecahkan keheningan ini..
"bentar lagi Nyah mo pergi, agak lama, Nyah ketrima jadi TKI, kamu jaga rumah baik-baik ya, selesein tugasmu bikin laporan jangan pacaran mulu.. Kalo besok Nyah pulang, Nyah harap, kamu bisa dapet kerjaan di tempat laen yang lebih daripada disini.."

Nyonyah menyudahi pembicaraan, meletakkan semua peralatan cangkok mencangkok, meninggalkannya sekenanya dan tanpa menoleh ke arah Ijah, Nyah buru-buru masuk ke dalam kamar sambil menahan airmata yang bentar lagi jebol..

***
(bersambung lagi yee)
=maap, untuk sementara sambungannya rada lama, Nyonyah sibuk ngurusin kepergiannya jadi TKI, dan Ijah udah mulai sibuk deketin gadis penjual cabe=

Related Post:
Nyonyah Gundah Gulana
Nyonyah Jatuh Cinta

No comments:

Post a Comment